Menjadi Account Officer Bank Terbesar di Indonesia

Account Officer BRI

Account officer atau kata lainnya adalah marketing landing/pinjaman di sebuah perbankan. Tugas utamanya adalah mengelola accounts pinjaman di bank tersebut.

Kebetulan dalam kesempatan ini saya baru bisa berbagi cerita tentang pekerjaan offline saya kurang lebih satu tahun terakhir ini.
Awalnya dulu saya iseng main ke job fair untuk pertama kali di Surabaya. Datang seorang sendiri, maklum saya pemberani. Dari beberapa stand yang ada, stand BRI adalah yang paling ramai. Disana tertera lowongan pekerja kontrak Bagian Account Officer. Tidak paham betul dengan jobdesk AO tapi saya nekat ngisi formulir pendaftaran yang disediakan.

Kurang lebih 3 hari setelah itu ada pengumuman bahwa saya dipanggil untuk mengikuti tes wawancara awal. Dalam wawancara tersebut ditanya sama pak Joko kebetulan yang menjadi Ka. Bag SDM BRI Kanwil Surabaya waktu itu mengenai pengetahuan awal tentang bank, latar belakang pendidikan dan pekerjaan sebelumnya. Saya kira cerita saya bab pekerjaan saya sebelumnya sebagai internet marketer memang menarik buat pak joko hingga saya lolos dan lanjut ke tes ke 2 yakni psikotest.

Dari sharing beberapa teman yang pernah ikut psikotest, katanya ini tes yang paling sulit. Ini juga pengalaman pertama saya ikut psikotest, dan tanpa persiapan apapun akhirnya saya jawab semua pertanyaan sebisa aja. Tanpa terduga kembali saya bisa lolos ke seleksi 3 yaitu tes kesehatan.

Ini nih bagian yang bikin saya psimis bisa lanjut lagi, kenapa? Karna saya buta warna dan banyak sumber mengatakan bahwa perusahaan BUMN tidak bisa menerima pegawai buta warna seperti saya. Mau nipu dokternya juga bisa, hasil tes pun gak bisa dibohongi. Namun Tuhan ngasih saya kesempatan, Entah atas pertimbangan apa, akhirnya saya bisa lanjut ke tes final, tes wawancara akhir.

Kali saya berhadapan dengan Pak Tjung Suharsono selaku Ka. Bag. Ritel BRI Kanwil Surabaya dan Bu Amalia selaku Ka. Bag. Administrasi Kredit BRI Kanwil Surabaya. Tidak terlalu banyak ditanya masalah perbankan sama beliau, namun beliau sangat tertarik dengan cerita saya yang cukup lama bab kesibukan saya sebelumnya sebagai internet marketer. Nyari uang lewat blog, video, jualan online, forex, dan lain sebagainya.

Tiba juga di akhir pengumuman, dan akhirnya saya lolos dan diterima sebagai pekerja kontrak posisi Account Officer. Terima kasih untuk seluruh pihak atas kesempatan yang diberikan ini.

Next cerita kedua saya akan bercerita bagaimana kesan kesan menjadi Account Officer Bank BRI. Ditunggu ya ….
Posted by : iPhone 5

Post Author: Reza Saputra

Suaminya @nunaminoz / Indonesian Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 13 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: