Install Winbox di Ubuntu

Yeah!! saya sekarang memang pengguna linux kawan namun masih pengguna awam. Eh ternyata cara menggunakan program aplikasi di sistem operasi ini memang berbeda dengan yang ada di windows. Kali ini ketika saya ingin menjalankan program winbox. Sebuah program aplikasi bawaan MikroTik yang merupakan router sekeluarga dengan linux. Dimana konfigurasi MikroTik aslinya menggunakan sistem terminal, namun dengan adanya winbox ini kita lebih mudah berinteraksi karena berbasis gambar/ GUI (Graphical User Interface).
Program winbox yang berekstensi .exe ini memang diperuntukkan untuk sistem operasi windows. Hanya dengan double klik kita sudah dapat mengeksekusinya. Namun berbeda dengan linux yang tidak support dengan program yang berekstensi .exe .  Terlebih kita harus menginstall program wine. 
Untuk menginstall wine, pertama silahkan buka terminal dan ketikkan perintah berikut :

apt-get install wine

Lalu masukkan password user anda untuk melanjutkan proses instalasinya. Silahkan tunggu hingga proses downloading dan instalasi wine selesai.
Download program aplikasi winbox.exe melalui situs resmi mikrotik atau melalui ip gateway mikrotik anda.
Apabila proses instalasi wine selesai, winbox.exe sudah terdownload. Untuk menjalankan winbox, silahkan ketikkan perintah berikut pada terminal

wine winbox

Post Author: Reza Saputra

19 thoughts on “Install Winbox di Ubuntu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 8 ?
Please leave these two fields as-is: