Pengertian Domain dan Hosting Indonesia

Didalam membangun sebuah blog atau website, seseorang tidak akan lepas dari 2 istilah yakni domain dan hosting. Pengertian dari dua istilah tersebut dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah. Domain disamakan dengan alamat sebuah rumah misal Jl. Kalimantan No. 09 Ponorogo. Dan hosting disamakan dengan isi dari rumah tersebut meliputi kursi, meja, kasur, dll. Begitulah penjelasan Kyai Dawam ketika mengisi talkshow dalam acara Pameran Buku di Gedung Sasana Praja Ponorogo.

Dalam penerapan sebenarnya sebuat situs web site yang beralamatkan di www.jagoanhosting.com memuat berbagai tulisan, gambar dan video. www.jagoanhosting.com tersebutlah yang dinamakan domain, sedangkan text, image dan video di dalamnya disimpan di sebuah hardisk online yang disebut hosting. Sehingga dapat Didefinisikan bahwa Domain adalah identitas/ nama unik sebuah website di internet.

Dari alamat situs berita diatas dapat dijabarkan menjadi beberapa point :

  1. http:// : Hyper Text Transfer Protocol/ Service transfer yang digunakan di dalam web.
  2. www : singkatan dari World Wide Web, Alamat informasi di internet
  3. jagoanhosting : alamat informasi yang dituju/ alamat website yang diaktifkan
  4. .com : domain dari alamat informasi yang dituju

Alamat web site tersebut diatas merupakan alamat web site yang telah mengalami perubahan dari angka ke adjad/huruf. Hal ini disebabkan karena manusia cukup sulit untuk mengingat angaka. Dengan demikian digunakanlah sistem penamaan abjad yang disebut dengan Domain Name Service yang disingkat menjadi DNS.

Terdapat banyak sekali ekstensi domain, beberapa diantaranya yang termasuk dalam kategori Global Top Level Domain (gTLD) yang dikelola oleh organisasi internasional bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) adalah :

  1. .com (dot comercial) : untuk organisasi/ perusahaan yang bersifat komersial
  2. .net (dot network) : untuk jaringan/ penyedia jasa internet
  3. .org (dot organization) : untuk organisasi yang bersifat non komersial
  4. .edu (dot education) : untuk lembaga pendidikan
  5. .gov (dot goverment) : untuk lembaga dan instansi pemerintahan
  6. .info (dot information) : untuk informasi bebas
  7. .mil (dot military) : untuk badan kemiliteran Amerika Serikat
  8. .int (dot international) : untuk organisasi yang bersifat internasional

Selain itu, masih ada domain-domain yang masuk kategori Country Code Top Level Domain (ccTLD), yang ditujukan khusus untuk negara-negara dunia dimana kode ccTLD untuk Indonesia adalah .id yang pengelolaannya di pusatkan di Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI). ccTLD ini muncul berdasarkan konvensi standar ISO 3166. Misalnya :

  1. .co.id : untuk perusahaan/ lembaga  komersial
  2. .web.id : untuk perorangan/ kelompok yang sifatnya lebih luas
  3. .or.id : untuk lembaga non komersial dan LSM
  4. .sch.id : untuk lembaga pendidikan dasar dan menengah
  5. .ac.id : untuk lembaga pendidikan tinggi/universitas
  6. .go.id : untuk lembaga pemerintahan
  7. .net.id : untuk lembaga penyedia jasa internet

Selain domain, dikenal juga subdomain. Subdomain adalah domain yang berada di bawah satu domain, jadi satu domain bisa memiliki beberapa subdomain. Kalau dianalogikan dalam file manager, domain merupakan sebuah folder/direktori dan subdomain merupakan sub folder/ sub direktori. Misal domain utamanya adalah www.jagoanhosting.com memiliki subdomain dengan alamat blog.jagoanhosting.com.

Selain membeli, domain juga bisa didapat secara gratis. Di internet, kita bisa menemukan penyedia domain gratis, seperti www.co.cc, yang menyediakan domain berekstensikan .co.cc, dan .cc.cc, lengkap dengan layanan DNS (Domain Name Syste) secara gratis.

Sedangkan Hosting dapat didefinisikan sebagai tempat untuk meyimpan data dan file website di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Maka, untuk agar sebuah website bisa ditampilkan, data dan file website tersebut harus disimpan dalam sebuah server hosting. Tempat hosting atau yang akrab dipanggil web host juga memfasilitasi sebuah website agar bisa diakses para pengunjung, dengan meyediakan fasilitas serupa jalan raya, yang biasanya disebut dengan transfer (bandwitch) dengan kapasitas tertentu.

Sama halnya dengan domain, layanan hosting juga ada yang tersedia dalam paket-paket gratis dan berbayar. Masing-masing memiliki perbedaan dari segi kelengkapan fasilitas yang ditawarkan. Makin lengkap fasilitasnya, makin mahal harga sebuah paket hosting. Kita bisa membayarnya per tiga bulan,  per enam bulan atau satu tahun.

Sebagai saran untuk membeli hosting dan domain, silahkan mengunjungi website perusahaan penyedia jasa hosting www.jagoanhosting.com. Dimana di Jagoan Hosting Indonesia menyediakan layanan hosting yang berkualitas mulai hosting USA yang dikhususkan untuk pengunjung luar negeri dan juga hosting Indonesia yang berpusat di Jakarta dikhususkan bagi pengunjung dari Indonesia. Kita dapat memilih dari beberapa paket yang ditawarkan, dengan fitur fantastis, harga murah, bandwith dan subdomain unlimited, serta hak akses penuh pada control panel hosting. Untuk lebih lengkapnya dapat langsung mengunjungi website resminya di Jagoan Hosting Indonesia atau baca artikel saya sebelumnya mengenai Jagoan Hosting Indonesia.

Sedang untuk fitur Jagoan Domain, Jagoan Hosting memberikan fitur spesial seperti berikut, yang saya kutip dari website resmi Jagoan Hosting Indonesia :

  • Free Managed DNS, untuk mengubah DNS, MX, CNAME, dll. Sangat diperlukan apabila Anda menggunakan web mail gratis seperti Gawab.com, BigMailBox.com atau OemMail.com.
  • Domain Forwading, untuk mengalihkan semua email dari domain yang satu ke domain yang lain. Sebagai contoh: jika Anda mengalihkan email dari domainanda.com ke domainkamu.com, maka semua email yang dikirim ke nama@domainanda.com akan dikirimkan ke nama@domainkamu.com
  • Mail Frowading, untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail forwarding Anda. Anda dapat mengalihkan misalnya email: anda@domainanda.com ke kamu@domainkamu.com.

Berikutlah deskripsi singkat dari Domain dan Hosting yang masih bisa saya ingat ketika di bangku SMK Teknik Jaringan 1 tahun silam. Agar lebih menarik, mari kita saksikan video percakapan jenaka namun mendidik antara Cak Beon dan Pakde Top mengenai Domain dan Hosting.

Setelah kemarin sempat mendapatkan Backpack dari Jagoan Hosting Indonesia, semoga kali ini bisa mendapatkan isi dari bacpack tersebut yakni sebuah Fujitsu Lifebook MH330. Tingkatkan pelayananmu wahai Jagoan.

(dance)

Post Author: Reza Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 7 + 12 ?
Please leave these two fields as-is: