Blog Tak Terindex Oleh Google

Kisah ini berawal dari peningkatan pengamanan blog saya dengan menambahkan plugin Wp-Stealth Login. Secara khusus plugin ini mengalihkan halaman login admin/user blog ke alamat yang termodifikasi. Secara default halaman login blog wordpress beralamatkan di http://namadomain.com/wp-admin atau di http://namadomain.com/wp-login. Namun dengan plugin ini kita dapat mengalihkan alamat loginnya ke alamat yang kita inginkan sehingga orang lain tidak mengetahuinya, misal yang pernah saya gunakan adalah http://rezasaputra.com/ponorogo sehingga ketika ada orang yang bermaksud masuk ke dashboard melalui wp-admin atau wp-login, maka mereka akan dialihkan ke halaman utama blog saya (http://rezasaputra.com)

Permasalahan muncul ketika saya bermaksud login melalui http://rezasaputra.com/ponorogo. Ketika saya masukkan username dan password dengan benar saya malah dialihkan ke halaman utama blog saya. Hal tersebut juga terjadi ketika saya meng-klik tulisan lost your password. Alhasil saya mengalami stress kecil.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah browsing di google mengenai permasalah ini, tips pertama yang saya lakukan adalah mengganti password saya lewat phpmyadmin di cpanel, namun tidak ada efek apapun. Sayapun belum bisa masuk dashboard saya.

Langkah kedua adalah saya minta tolong kepada kawan-kawan kotareyog.com. Akhirnya sayapun dibantu oleh Kak Arifudin yang sudah lebih lama berkecimpung di dunia wordpress. Pertama beliau menganjurkan untuk menghapus plugin wp-stealth login lewat cpanel, namun halaman login malah hilang seketika.

Pada ujungnya saya mengambil langkah untuk menghapus sementara file htaccess lalu masuk ke dashboard melalui default login wordpress selanjutnya saya upload lagi file tersebut. Segera langsung saya ubah setting plugin Stealth Login menjadi disable dan saya bumi hanguskan plugin tersebut dari blog saya.

Screenshoot Site Stats 6 Hari Terakhir

Karena insiden ini 6 hari terakhir blog ini vakum pengunjung yang berasal dari Sang mesin pencari google. Besar harapan google kembali berbaik hati kepada blog ini. 🙁 Sedikit pesan saja buat kawan-kawan lainnya pengguna wordpress : Lebih baik tidak usah menggunakan plugin Stealth Login.

Post Author: Reza Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 7 + 5 ?
Please leave these two fields as-is: