Membangun Toko Online Dengan WordPress

Banyak membaca banyak ilmu. Inilah yang saya dapat dari pepatah tersebut, iseng membaca ternyata saya mendapatkan ilmu baru, saya bagikan semoga bermanfaat. Pertumbuhan pengguna internet tidak dapat dipungkiri telah membuka peluang baru bagi bisnis online. Banyak yang mulai memanfaatkan kesempatan ini. Karena memang tidaklah sulit untuk membuka sesuatu bisnis online.

Cukup memliki domain, hosting, dan website sendiri, maka kita sudah memiliki jembatan untuk memasarkan produk kita di internet. Persyaratan domain dan hosting dapat dengan mudah dipenuhi dengan memilih satu provider yang jagoan dari sekian banyak pilihan. Harga domain dan hosting-pun terjangkau. Untuk memiliki domain dan hosting jagoan silahkan langsung menuju ke halaman Jagoan Hosting Indonesia.

Tetapi sebagaimana kita ketahui bahwa membangun website bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk jenis toko online. Menggunakan jasa seorang webmaster untuk membuatnya tidaklah salah apabila kita siap dengan budget yang besar. Lalu bagaimana kita mensiasatinya?  wordpress datang membawa solusi untuk masalah kita membangun website toko online dengan WordPress sangatlah mudah dan cepat.

Keunggulan menggunakan CMS wordpress sendiri adalah sebagai berikut :

Gratis – Alias tidak perlu mengeluarkan uang membeli softwarenya. WordPress sendiri merupakan software open source. Karena open source, maka penggunaannya tidak dipungut biaya alias gratis.

Search Engine Friendly – Dengan template yang tepat dan telah dioptimasi agar ramah terhadap SE, bisa jadi website kita masuk di posisi pertama dalam situs pencarian google. Tentu saja hal ini memberikan pengaruh positif berupa kenaikan tajam pada grafik sales bisnis online kita selain template, banyak sekali plugin yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan search engine friendly kita.

Mudah – Jika kawan mengetahui bagaimana mengoperasikan MS word, maka kawan pasti juga bisa mengoperasikan wordpress. Cukup dengan memiliki domain dan hosting sendiri dan hanya diperlukan beberapa langkah saja hingga kita berhasil memiliki toko online sendiri.

Langkah pertama : Membeli domain dan hosting terlebih dahulu. Barulah install CMS wordpress melalui softacolous di c-panel hosting.

Langkah kedua : Install plugin WP e-Commerce Plugin by Instinct Entertainment.

Langkah ketiga : Install theme Crafty Cart

 

Langkah terakhir : Sesuaikan settingan mata uangnya terlebih dahulu. Masuk ke menu store – settings – Sesuaikan base country dan currency – pilih indonesia untuk keduanya – Finished.

Selamat toko online kita sudah jadi sekarang tinggal memasukkan produk perdana kita. Masuk ke menu store-product. Disini kita bisa memasukkan produk satu persatu lengkap dengan deskripsi, gambar dan harganya.

Kemampuan wordpress tidaklah terbatas sampai disini saja, cobalah bereksperimen dengan plugin ini. Misalkan menambah kategori dan group produk sendiri, mengubah settingan lain dan sebagainya. Kita pun masih bisa mempercantik tampilan dengan mengedit theme tersebut. Baik dengan mengubah coding template defaultnya, menyisipkan foto sebagai background, atau melakukan penambahan plugin untuk mempercantik tampilan, membantu SEO dan sebagainya.

Post Author: Reza Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 15 + 5 ?
Please leave these two fields as-is: