Dunia SMP

3 tahun sudah diriku terlepas dari masa ke-puber-an. Masih teringat dengan jelas masa paling menyenangkan itu dibenakku. Dimana kenakalanku masih bisa dimaklumi oleh orang tua dan sekitarnya. Inilah realita yang sudah pernah saya alami.

Masa SMP merupakan masa labil dimana usia tersebut seseorang mudah untuk terpancing untuk melalukan suatu yang baru yang belum pernah mereka ketahui dan rasakan. Persepsi yang salah bagi orang tua yang beranggapan jika anak lulus dari Sekolah Dasar mereka sudah memiliki pemikiran yang tepat (dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah). Peran orang tua masih sangat dibutuhkan dalam pembinaan watak dan kepribadian serta pembangunan mental.

Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman membuat anak SMP sekarang berbeda jauh dengan anak SMP yang dulu. Anak SMP sekarang sudah pandai dan lihai menggunakan teknologi semacam internet. Benar jika mereka pandai maka itu menujukkan anak-anak Indonesia tidak kalah dengan anak luar negeri. Namun disisi negatifnya mereka dapat terjerumus kepada hal-hal yang dapat merusak moral dan etika mereka.

Ega dan Yudan merupakan contoh remaja SMP asal ponorogo yang mampu berkreasi di dunia maya dengan karya-karyanya yang cemerlang. Sejak kelas 1 SMP mereka sudah mampu membuat webblog dengan content dan tulisan yang murni dari pikiran mereka. Contohlah mereka wahai putra-putri bangsa.

Marilah para orang tua untuk selalu mendidik putra-putrinya untuk menjadi manusia yang benar mulai dari menghargai uang, aktif di kepramukaan, membaca buku-buku religi, menjauhkan dari judi, dan merajinkan diri untuk beribadah ke masjid (bagi muslim).

Artikel ini merupakan dukungan SEO positif untuk menghapuskan keyword negatif di mesin pencari google dengan keyword SMP.

Post Author: Reza Saputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 7 ?
Please leave these two fields as-is: