Undian Jalan Santai = Judi

Tiba kita di akhir bulan Juli yang sebentar lagi menginjak bulan Agustus dimana pada bulan tersebut merupakan bulan perayaan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Berbagai acarapun tak lupa diselenggarakan demi mengenang jasa para pahlawan hingga acara hiburan untuk memeriahkan bulan tersebut, mulai dari lomba-lomba, jalan santai, pertandingan olahraga, dan lain-lain.  (yeye)


Ide ini keluar ketika saya dijadikan sebagai panitia di sebuah event jalan santai di desa saya.  Modal yang dibutuhkan untuk mendapatkan hadiah utama sangat mudah, hanya dengan membeli kupon undian seharga Rp 1.000,- saja, kita bisa meraih hadiah utama berupa televisi berwarna, sepeda, dan kambing.  Kebanyakan jalan santai pada umumnya, untuk mendapatkan hadiah utama adalah dengan mengundi kupon yang telah terkumpulkan dari masing-masing peserta.


Bisa diibaratkan hal ini dengan kita membeli sebuah nomor togel, apabila kita beruntung pada saat pengacakan nomor yang keluar adalah nomor yang kita beli, maka kita akan mendapat untung yang sangat besar. Sama halnya ketika kita belum beruntung untuk mendapatkan hadiah, maka kupon undian yang kita beli tersebut sia-sia.


Dalam syari'at islam mengharamkan dengan keras tindakan berjudi. berikut dalil dalam Kitab Suci Al-Qur'an :




Allah berfirman, "Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syetan, maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan." (Al-Maidah : 90)



Tidak adakah jalan yang halal dan lebih kreatif untuk mendapatkan hadiah selain dengan sistem pengundian?


Bagaimana pendapat sahabat blogger sekalian?


Sekalian mau posting award dari sahabat jauh dari Cak Tomo, terima kasih saya ucapkan semoga persahabtan kita tetap terjalin. (worship)




Sumber dalil : http://www.pengusahamuslim.com | Sumber gambar : http://www.bloggaul.com


mohon maaf bagi pihak-pihak yang tersinggung dengan postingan ini.

Posted in , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

2 Responses to Undian Jalan Santai = Judi

Part of Komunitas Blogger Warok Ponorogo "Kotareyog.com"